Pesona Gunung Bromo Objek Wisata Eksotis Dan Menantang

Siapa yang tidak mengenal destinasi wisata di Jawa Timur yang satu ini. Gunung Bromo. Ya gunung Bromo, gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Bromo itu sendiri berasal dari bahasa sanskerta yaitu Brahma, yang merupakan salah satu dewa menurut keyakinan agama Hindu. Agama Hindu sendiri adalah keyakinan yang banyak dianut oleh masyarakat kawasan gunung bromo. Penduduk kawasan gunung Bromo biasa dikenal dengan nama suku Tengger yaitu suku asli ras suku Jawa yang merupakan keturunan dari kerajaan Majapahit.

Wisata gunung bromo sendiri digadang-gadang oleh banyak kalangan sebagai Iconnya Jawa Timur, memang pantas demikian, secara gunung yang mempunyai ketinggia 2392 m dpl dan mempunyai lautan pasir seluas 10 kilometer persegi ini memang sangat mempesona bagi siapa saja yang datang untuk melihatnya, dengan didukung beberapa tempat wisata lainnya yang ada di sekitarnya menjadikan gunung ini sebagai tempat wisata yang asik dan menakjubkan.

Pesona dan Kegiatan Yang Bisa Dilakukan di Gunung Bromo

·         View Point

Untuk menikmati pemandangan indah dari gunung Bromo. Para wisatawan biasanya akan menuju ke View Point terlebih dahulu, View Point adalah sebuah tempat yang digunakan untuk melihat matahari terbit dan menikmati keindahan gunung Bromo dari ketinggian.

Ada 5 tempat yang biasa di gunakan untuk menyaksikan pemandangan gunung Bromo melalui puncak bukit. Pertama Pananjakan 1, Surni Point, Bukit Kingkong, bukit cinta dan Puncak B29. tetapi untuk Puncak B29 tempatnya cukup jauh dari keempat view point lainnya, dan tempat ini merupakan tempat baru yang dikembangkan untuk dijadikan view point.

Bisanya para wisatawan yang berwisata ke gunung Bromo akan memulai perjalanan mereka pada malam dini hari sekitar pukul 03.00 WIB dengan menggunakan sarana transportasi motor atau Jeep Hardtop. kenapa demikian ? karena apabila Anda memulai perjalanan pada jam-jam itu, Anda akan dapat menyaksikan keindahan matahari terbit (Sun Rise) dari puncak bukit.

·         Kawah Gunung Bromo

Kawah yang memiliki garis tengah ± 800 meter ini merupakan destinasi kedua yang biasanya dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke gunung bromo. Untuk dapat mencapai kawasan kawah gunung Bromo wisatawan biasanya akan menenmpuh dengan berjalan kaki atau menaiki kuda yang disewakan, pendduduk atau pengelola setempat. Dan kemudian dilanjutkan dengan menaiki tangga sebanyak 250 anak tangga. Pemandangan dipuncak kawah Bromo memang sangat menakjubkan, dengan dihiasai pemandangan pegunungan tengger dan gunung Batok yang membentuk garis-garis terjal yang berada disamping kawah gunung Bromo.

·         Lautan Pasir (Pasir Berbisik)

Hamparan pasir yang terbentang luas membentuk lekukan garis-garis yang elok juga merupakan tempat favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke gunung bromo. Anda akan disuguhkan dengan hal unik yaitu suara bisikan yang akan terdengar jika mendekatkan telinga Anda ke dekat pasir.

·         Padang Savana ( Bukit Teletubbies )

Hamparan rumput seluas sekitar 10 Kilometer persegi, bak bukit Teletubbies, akan memberikan sausana yang nyaman dan sejuk ketika Anda mengunjungi tempat ini, letak dari wisata padang savana ini berada di selatan kawah gunung  Bromo, tepatnya di kawasan jemplang.

Nah itulah review singkat mengnai pesona gunung bromo objek wisata eksotis dan menantang. Memang secara fisik gunung bromo tidaklah sebesar gunung-gunung lain di Jawa Timur, seperti gunung Sumeru, gunung Arjuno,  gunung Argopuro dan gunung-gunung lainya, tetapi pesonanya yang indah sudah terkenal dimana-mana tidak hanya di Indonesia bahkan hingga ke mancanegara.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pesona Gunung Bromo Objek Wisata Eksotis Dan Menantang"

Posting Komentar