Serunya Mengisi Liburan Di Museum Wayang dan Museum Nasional Indonesia

Jakarta memang kota metropolitan, dimana banyak sekali gedung-gedung tinggi menjulang yang ada disekitar kita. Namun ternyata jakarta juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, sebut saja Museum Nasional dan Museum Wayang. Dimana kalau kamu ingin belajar sejarah dan budaya Indonesia, sangat tepat sekali tempat ini untuk dikunjungi.

Untuk mengisi kekosongan weekend , saya berencana untuk mengunjungi beberapa museum di jakarta, yakni museum wayang dan museum nasional, karena saya sendiri juga suka seni dan ingin belajar banyak sejarah dan budaya Indonesia, masa kita sebagai warga yang baik cuma bisanya jalan-jalan ke mall doang sih, wkwkwk. Gak ada salahnya bagi kita sebagai generasi muda, untuk terus mengenal dan belajar sejarah bangsa Indonesia ini.

Nah karena ada dua tempat yang ingin saya kunjungi maka yang pertama saya ingin bahas adalah museum wayang. Lokasi Museum Wayang sendiri berada di dalam area wisata kota tua, tepatnya disamping Museum Fatahillah. Jadi jika kamu yang sedang nongkrong didaerah kota tua, jangan cuma santai-santai diluar, sekali masuk ke museum wayang dong. 

Harga tiket masuk ke dalam museum wayang yaitu sekitar Rp 5000 untuk umum, dan Rp 3000 Untuk pelajar ( dengan cara menunjukkan kartu tanda pelajar). Jam bukanya setiap selasa sampai minggu jam 8-5 sore (hari senin tutup).

Karena saya datangnya hari minggu maka tempat ini ramai pengunjung, khususnya weekend, yang dateng pun bukan dari kalangan warga indonesia aja, para turis pun berebut untuk masuk ke museum wayang.

Berikut adalah foto-foto yang saya ambil dimuseum wayang.

musium wayang musium wayang

musium wayang musium wayang

Selain itu, disini juga kamu bisa menonton langsung pertunjukkan wayang golek secara gratis!

musium wayang

Dan bagi yang ingin membeli cinderamata, di museum wayang tersedia berbagai macam cinderamata wayang, dan suvenir-suvenir lainnya, harga berkisar 30rb keatas.

Setelah puas berofoto-foto dan mengunjungi museum wayang, saya langsung pergi menuju tempat kedua yang ingin saya kunjungi yaitu Museum Nasional Indonesia yang tepatnya berada dan bersebelahan dari Monumen Nasional.

Untuk informasi jika kalian naik kendaraan pribadi. Maka untuk bisa parkir kamu harus rela berjalan jauh, karena parkiran motor Cuma tersedia di IRTI Monas! Dari parkiran ke museum juga lumayan bikin betis jadi kenceng, hehehehe. Untuk parkiran monas sendiri yaitu rp 5000.

Harga tiket masuk museum nasional sendiri juga sama seperti di museum wayang yaitu Rp 5000 per orang, tidak terlalu mahal kan? Jam bukanya sendiri sama dengan museum wayang, yaitu dari jam 8 sampai 5 sore, dan hari senin tutup.

Nah didepan museum nasional ada sebuah icon ukiran berbentuk semacam angin tornado yang mungkin tidak ingin kamu lewati jika untuk sekedar berfoto ria.

musium nasional indonesia

Didalam museum sendiri banyak sekali bekas-bekas sejarah dari negara Indonesia yang bisa kita pelajari disini, mulai dari jaman pra sejarah, kerajaan, hingga sampai era modern.

musium nasional indonesia musium nasional indonesia

musium nasional indonesia musium nasional indonesia

Selain itu, di museum nasional juga terdapat sebuah penyimpanan prasasti yang terbuat dari emas. Namun sayang diarea ini kita tidak diperbolehkan mengambil gambar dan hanya boleh melihat-lihat saja.

Nah, itu dia berbagai pengalaman saya mengunjungi museum-museum yang ada dijakarta ini. Selain menyenangkan untuk sekedar mengisi hari libur, kita juga bisa sekaligus belajar sejarah dan budaya Indonesia. Semoga tulisan ini membantu ya, terima kasih!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Serunya Mengisi Liburan Di Museum Wayang dan Museum Nasional Indonesia"

Posting Komentar