3 Gunung dengan Jalur Pendakian Terekstrim di Indonesia

Aktivitas travelling yang menyenangkan penuh pengalaman dan tantangan adalah mendaki gunung. Dengan mendaki gunung, kamu dapat berteman dengan alam sekaligus belajar mencintainya. Mendaki pun termasuk kegiatan paling digemari para travelers. Indonesia dengan banyaknya gunung yang tersebar di plosok-plosoknya tentu menjadi daya tarik tersendiri, gunung-gunung tersebut memmiliki pemandangan indah dengan ciri khasnya masing-masing.

Terlepas dari keindahannya, ternyata di Indonesia juga terdapat beberapa gunung yang terkenal dengan jalur pendakiannya yang ekstrem dan tiga di antaranya sebagai berikut:

Gunung dengan Jalur Pendakian Terekstrim di Indonesia

   1.      Gunung Jayawijaya (Cartenz Pyramid)


Terletak di Provinsi Papua, Gunung Jayawijaya merupakan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4884 mdpl atau setara 16.023 kaki. Gunung Jayawijaya juga merupakan satu-satunya gnung di Indonesia yang memiliki salju abadi di puncaknya.

Namun, untuk menyaksikan keindahan puncak yang diselimuti salju di Gunung Jayawijaya itu tentu tidaklah mudah, banyak korban jiwa berguguran sebelum berhasil menyelesaikan misinya. Terjalnya medan, ekstrimnya cuaca dan kesalahan-kesalahan teknis menjadi penyebab gagalnya misi para pendaki. Bayangkan! Di lerengnya saja, suhu bisa mencapai 10 derajat celcius , makin dekat dengan puncak, suhu bisa sampai 0 derata celcius.

Tak heran jika hipotermia dan AMS ( Acute Mountain Sickness) menjadi kendala utama dalam pendakian. Oksigen yang tipis membuat para pendaki mudah lelah, serta mudah mengalami halusinasi dan pusing kepala.

Oh ya, jika kamu berhasil  menaklukkan puncak gunung Jayawijaya (Cartenz Pyramid) berarti kamu juga berhasil menaklukkan satu dari Seven Summits yakni salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia. Selamat ya!

   2.      Gunung Raung


Gunung dengan jalur terekstrem selanjutnya adalah gunung Raung. Terletak di Banyuwangi, Jawa Timur dengan ketinggian 3.344 mdpl gunung raung menawarkan jalur pendakian yang sangat ekstrim.

Di awal pendakian, trek terjal dan berkelok dengan kontur naik turun akan menemani para pendaki hingga ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Setelah itu, pendakian semakin sulit. Trek semakin terjal dan jalur semakin sulit terlihat. Semak-semak pun tumbuh dengan sangat lebat.
Selanjuntnya, untuk sampai di Puncak Sejati, yaitu puncak tertinggi di Gunung Raung pendaki harus melakukan panjat tebing dengan tali-temali. Treknya sangat sulit dengan jurang disebelah kiri dan kanannya. Ngeri ya!

   3.      Bukit Raya


Bukit Raya adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kal-Teng). Memiiki ketinggian 2278 mdpl menjadikannya sebagai gunung tertinggi di Kalimantan sekaligus termasuk dalam Seven Summits Of Indonesia.

Walaupun tidak terlalu tinggi akan tetapi kesulitannya medannya bisa dibandingkan dengan gunung-gunung yang lebih tinggi yang ada di Pulau Jawa. Diperlukan 6 hari PP perjalanan untuk bisa sampai ke puncak bukit raya.

Gunung Bukit Raya memiliki karakteristik jalur pendakian hutan hujan tropis dengan rimbunnya pepohonan, banyak aliran-aliran sungai kecil dan semak-semak dan lumut yang merekat di pepohonan, dengan udara yang lembab tersebut menjadikan Gunung Bukit Raya menjadi lokasi favorit bagi pacat/pacet.

Selain itu disepanjang perjalanan kamu harus siap-siap memanjat dan merangkak karena banyaknya jalur yang harus melewati pepohonan yang tumbang.


3 gunung dengan jalur pendakian tereksstrem di Indonesia di atas hanya diperuntukkan buat kamu yang bernyali tinggi yang menyukai tantangan. Salam lestari!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Gunung dengan Jalur Pendakian Terekstrim di Indonesia"

Posting Komentar