3 Wisata Sejarah Terkenal Di Cerebon

Bereksplorasi ke Cirebon seolah tiada berujung. Bagai sebuah sumur vakansi yang tidak memiliki dasar. Berbagai ulasan mengenai Kota Udang ini sudah cukup marak. Destinasi wisata alam, buatan,  budaya, sejarah, hingga kuliner yang bisa bikin ketagihan pun tersedia di kota ini.

Kota Cirebon sendiri terletak di wilayah yang sangat strategis,  yakni titik bertemunya jalur tiga kota besar di Indonesia seperti Semarang, Bandung dan Jakarta sehingga mudah di akses. Semua jenis transportasi, baik transportasi darat, laut, dan udara saling berintegrasi mendukung kemajuan di kota Cirebon. So, nggak ada alasan nggak ada kendaraan buat berkunjung Kota ini.

Daftar Wisata Sejarah Terkenal Di Cerebon

·         Keraton Kasepuhan


Cirebon memiliki beberapa keeraton kebanggaan kota dan salah satu keraton yang menjadi  landmark Cirebon adalah keraton Kasepuhan. Keraton yang terletak di Jalan Jagasatru ini merupakan saksi bis berdirinya kota Cirebon.

Sebuah akulturasi tersaji dalam penampakan Keraton yang dibangun pada tahun 1529 ini. Dua patung macan putih yang berdiri tegar di depan keraton menjadi bukti bahwa Cirebon senantiasa menjadi titisan Kerajaan Padjajaran. Sebuah gapura bermotif pura pun kokoh berdiri di depan.

  • ·         Taman Sari Goa Sunyaragi


Destinasi wisata sejarah berikutnya terletak di jalan Brigjen Darsono, Kelurahan Sunyaragi yang dikenal dengan Taman Sari Gua Sunyaragi. Taman ini masih termasuk bagian dari Keraton Pakungwati yang kini bernama Keraton Kasepuhan

Dahulunya tempat ini dijadikan tempat meditasi bagi Pangeran Arya Carbon. Pangeran Arya Carbon sendiri mendirikan Taman Sari Goa Sunyaragi ini pada tahun 1703.  Taman yang diberi nama Sunyaragi menurut filosofi budaya terdiri dari dua kata yakni Sunya yang artinya sunyi atau sepi dan Ragi yang bermakna raga. Taman Sari Gua Sunyaragi kurang lebih memiliki 18 bangunan peninggalan yang mengusung budaya Cina dan Indonesia.

·         Wisata Religi Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon



Tidak hanya keraton saja yang menjadi  wisata bersejarah andalan Kota Cirebon sebab ada pula peninggalan keraton Kasepuhan berupa masjid bernama Agung Sang  Cipta Rasa Cirebon. Masjid yang terletak di sebelah alun-alun keraton dahulunya dinamakan masjid Pakungwati yang juga sebutan dari pendiri keraton Kasepuhan. Di dalam masjid terdapat petilasan tiga sunan penyebar islam yakni Sunan Bonang, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kalijaga yang berupa tiga buah tegel pada mihrab masjid.

Bangunannya dirancang dengan sembilan pintu yang menggambarkan wali songo. Kabarnya masjid ini dibangun oleh Sunan Gunung Jati sebagai pasangan dari masjid Agung Demak. Ketika masjid Agung Demak sedang dibangun saat itu Sunan Gunung Jati meminta izin untuk membangun pasangannya di Cirebon.

Ituah informasi singkat mengenai 3 wisata sejarah terkenal di Cerebon. Menarik bukan? Penasaran? Buruan Mampir ke Kota Cirebon!

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Wisata Sejarah Terkenal Di Cerebon"

Posting Komentar